12.23.2008

Kolang kaling Medan


Kolang kaling paling top markotop asalnya dari Medan [atau ada yang lain ya?], harga mentahnya bisa nambah 1/2 kali dari harga kolang kaling Jawa Barat dan hasilnya bisa 4 kali lebih enak.

Bosan ngemil cake, cookies coba deh manisan kolang kaling, untuk dapat hasil yang maksimal harus sabar, soalnya bikinnya sampai 3 hari. Untuk yang instant bisa dimasak dengan air gula/fanta dsb [tapi rasanya gak setop yang ini].

Resep ini dapat dari oma2 Medan. Dia bilang perbandingan kolang kaling dan gula 1:2, versi saya ini kemanisan bisa melonjak tuh si gula darah. Jadi 1:3 ajah, melonjak juga sih tapi gak tinggi2 amat. Daun jeruk dan pewarna ini inisiatif saya sendiri karena yang punya Oma ini bening dan rasanya gula banget.

Bahan:
2 kg kolang kaling Medan pilihan, pipih, transparan dan usahakan ukurannya sama
750 gr gula pasir putih [ambil yang import atau gulaku putih]
4 tetes pewarna makanan
20 lembar daun jeruk

Caranya:
Cuci bersih kolang kaling, rendam dengan air cucian beras 1/2 hari, bilas lalu tiriskan sampai kering, saya pakai kain belacu yang dibuat kayak kantong trus digantung.
setelah kering ambil wadah kedap udara [misalnya tapperware, lock n lock] masukkan kolang kaling lalu kucurkan gula, tutup rapat simpan. setelah 3 hari baru dibuka ...

gula sudah cair, aduk2 hingga rata. bila mau diwarnai beri sedikit pewarna makan dan 20 lembar daun jeruk segar, tutup rapat simpan dalam kulkas...

Tidak ada komentar: