8.31.2009

Bandeng Bakar sambal mangga ala Daeng Padidi



Selayaknya orang Makasar menu pokok di tempat makan Daeng Padidi adalah ikan. Seorang teman yang terus menerus cerita betapa enaknya bandeng bakar ditempat Daeng ini telpon dan ngajak makan siang disana, syaratnya gak boleh batal ya, karena si Daeng hanya masak by order. Sejam setelah dia order kami sampai disana, dimeja makan sudah tersedia nasi buat ber-3 karena kami datang bertiga, bandeng bakar sambel mangga dan bandeng goreng sambel cabe tomat tanpa sayur

Letak tempat makan Daeng Padidi hanya selisih beberapa rumah dari penyanyi dangdut Kristina daerah semper Jakarta Utara [gua juga baru tau kalau yang dia tunjuk rumahnya Kristina :)].
Sebelum pulang gua sempat nanya2 sama daeng resep sambel mangga, sambel mangga itu kan macem2 ternyata dia baik banget bawa saya kedapurnya dan cerita cara masaknya, dapurnya kecil sederhana dan bersih, setiap siang dia masak disana sesuai pesanan by telp, jaman sekarang ada orang yang cerita rahasia dapurnya luar biasa baik menurut gua.

Bandeng Bakar
3 ekor bandeng ukuran M, bersihkan dan lumuri garam [bila bandeng dah nginep dikulkas bisa dikucuri jeruk nipis, tapi kalau masih segar dengan garam saja cukup]
bakar hingga matang dan sisihkan

Sambel Mangga
Ambil 1 buah mangga muda, serut sisihkan
Cabe rawit merah 3 biji, Bawang merah 3 siung, Kemiri 6 buah, garam, gula semua digiling halus lalu campurkan dengan mangga serut.

Garnish
Susun bandeng yang sudah dibakar diatas pilih siram dengan sambel mangga, makan dengan nasi hangat...

Mantap

untuk yang mau mampir ke tempat makan daeng padidi berikut no telpnya 021-4370713 jangan lupa telp dulu sebelum makan, dia hanya masak kalau kita telp.