7.10.2011

Jalan-jalan: Balikpapan



Yudi finance manager di Astra rent a car Balikpapan bercerita pertama ditugaskan di Balikpapan beliau disuguhi semacam bakpao tetapi digoreng isinya kosong dan rasanya enak. Sembari ngobrol dengan beliau saya coba googling bakpao semacam apa ini yang membuat bapak seperti dia bilang makan enak padahal dia baru saja makan siang, pasti enak beneran. Dan ternyata namanya Mantau goreng J

Saat keesokan harinya saat kami meeting kami disuguhi mantau goreng dan firm rasanya enak. Mantao ini dimakan dengan irisan daging menjangan. Menjangan goreng cabe kering atau menjangan lada hitam. 




Dengan kukuspun rasanya juga sudah enak.
Saat pulang saya bawa beberapa box untuk dibagi-bagi kepada keluarga.


Mantau
Bahan :
500 g  tepung terigu cap Kunci
1 bks ragi instan
40 g  mentega putih
100 g  gula pasir
1/2 sdt  baking powder
250 ml  air
 kertas roti, dipotong-potong

Cara Membuat :

Campurkan terigu, ragi dan mentega putih, aduk rata. Larutkan 75 g  gula pasir dan baking powder dalam air, masukkan ke dalam campuran tepung, aduk rata.
uleni sampai tidak melekat di tangan. Ambil sekira 40 gr bulatkan dan istirahatkan sekitar 1 jam, beri kertas minyak/kertas roti dibawahnya agar tidak melekat. Kemudian panaskan dandang, bungkus tutupnya dengan serbet. Kukus roti hingga masak ( 25 menit ), angkat, sajikan panas. Atau goreng dengan minyak banyak dan api kecil.



* Kapan-kapan pengen bikin sendiri

Ceritanya selesai meeting sabtu siang kami berkesempatan untuk makan siang di pasar kebun sayur, kita makan di RM Haur Gading. Kita makan dengan ikan, ada ikan patin [bakar dan pepes], ikan baronang, ikan kakap. Di depan RM berjejer ikan yang sudah matang, tetapi sebelum dimakan mereka bakar lagi biar hangat.
  
Sekilas mengenai kota Balikpapan

Balikpapan kota yang bersih, indah dan aman. Sales Manager disana bercerita seorang teman kost-nya lupa menyimpan kunci motornya dan pagi-pagi masih tergantung di motor dan pagi-paginya dia dengan santai ke kantor gak kurang satu apapun dari motor itu. Amazing, di Jakarta jangankan yang ada kunci yang udah dikunci plus alarm juga masih bisa hilang....Andai semua negeri seperti Balikapapan, Indonesia pasti cepat maju....

Oneday akan balik lagi penasaran dengan accesories batu-batuan :)


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Pasti diajak makan kepiting di RM Kenari atau RM Dandito juga kan? Borong batu apa di kebun sayur? Salam dari tasya