3.02.2012

Mie Jawa

Menyusuri jalan Malioboro berharap bisa menemukan kakek-kakek yang jual mie jawa 10 tahun yang lalu, ternyata sampai ujung gak ketemu. 10 tahun yang lalu sudah sepuh sekali, mudah-mudah masih sehat dan pindah ke tempat lain. 


Mie Jawa yang saya bicarakan adalah mie rebus atau di godhog, tidak menggunakan kompor biasa tetapi dimasak dengan arang, isinya mie basah, kol, telur, ayam.

Karena tidak ketemu si kakek penjual mie jawa di jalan Malioboro, akhir nya kita minta driver untuk antar ke tempat mie yang enak. Dan rekomendasi beliau kami diantar ke mie Kadin.
Cuma satu komentar saya, enak banget........ dan selama di Yogya kita makan mie Jawa sampai 2x.

di Jakarta mie jawa yang enak ada di Jl Ampera - Jaksel namanya mie jawa mbah Surip.. 
Mie Jawa ala Primarasa
Bahan:
400 gr mie basah
200 gr kol
2 bh tomat
3 btg daun bawang
2 btg daun seledri
400 gr ayam goreng
4 sdm minyak goreng
1,5ltr kaldu ayam kampung (dari ayam rebus sebelum digoreng).
2 btr telur, kocok lepas
2 sdm kecap manis
2 sdm bawang goreng
Pelengkap:
acar mentah
emping goreng
Bumbu halus:
4 bh bawang putih
6 btr bawang merah
4 btr kemiri
1 sdt merica
3 sdt garam
Cara membuat:
  • siram mie dengan air hangat, tiriskan. Iris kol ukuran 1 cm. belah-belah tomat, iris-iris daun bawang 1 cm, iris halus seledri, suwir-suwir daging ayam buang tulangnya, sisihkan.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum, tuangi kaldu. Setelah kaldu mendidh tuangi telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai telur matang dan bergumpal kecil-kecil, masukkan kecap manis dan ayam suwir, lalu didihkan kembali.
  • Masukkan kol, tomat dan daun bawang, masak sampai sayuran agak layu, tambahkan mie dan seledri, aduk sebentar, angkat.
  • Taruh mi rebus kedalam piring saji, taburi bawang goreng. Hidangkan selagi panas dengan pelengkap acar dan emping goreng.

Tidak ada komentar: