6.06.2012

Sayur tumbuk

Bayangkan ada pertanyan heran "hah gak doyan sayur tumbuk....." yang bener aja udah berapa tahun sih jadi mantu orang Batak.... 
Sungguh pertama kali makan sayur tumbuk rasanya sangat maung, beda banget dengan sayur gulai daun singkong yang biasa dibuat dirumah. Jadi sejak saat itu saya benar-benar gak mau nyoba.

Dua hari setelah menikah, kami dikunjungi oleh beberapa nenek dari Medan, beliau khusus datang untuk acara pernikahan. Dirumah saat itu masih ada beberapa pot bunga hias yang sudah mulai agak layu terdiri dari daun-daun, bunga casablanca putih, bunga putih-putih yang kecil dan 2 batang honje sebagai penyeimbang warna. Salah seorang nenek minta pisau untuk mengambil honje sayang kalau dibuang, bisa buat sayur tumbuk....

Di acara-acara orang Batak sayur ini biasanya ada dan jadi primadona. 
10 tahun setelah menikah saya mau nyoba lagi dan alhamdulillah mulai mulai berasa enaknya hehe.. Minggu lalu ketika ke rumah ibu mertua, ibu masak sayur tumbuk dan asam padeh ikan tongkol, katanya pasangannya memang asam padeh ikan. Dan gak tau kenapa rasanya seperti kutukan yang hilang saya mulai doyan dan doyan banget... Ibu bilang resepnya gampang, hanya bawang merah, cabe dan daun singkong yang ditumbuk.

Saat mau buat dirumah saya sempat googling dan gak nemu resep yang seperti ibu bilang hanya bawang merah, cabe dan santan, rasanya meragukan saya call ibu untuk konfirmasi.
Saya catat ulang resep lengkapnya. Bagi yang mau nyoba... monggo kerso, dijamin enak. 


Bahan
3 ikat daun singkong, ambil daun mudanya
6-10 buah cabe merah
10 siung bawang merah
1 batang bunga honje atau kincung
20 buah tekokak atau rimbang
* honje/kincung dan rimbang masukkan sesuka hati tidak ada takaran
1 liter santan dengan kekentalan biasa
1 buah sereh yang digeprek
1 buah [seibu jari] lengkuas digeprek juga
Bila ingin mewah dengan rasanya yang lebih enak tentunya, masukkan 1-2 ekor ikan sale atau kepala ikan asin yang gede sebagai perinca, tetapi bila tidak ada tidak jadi masalah.
Sebenarnya apa saja bisa jadi perinca, bila adanya ikan segar bakar dulu hingga agak hangus lalu masukkan  kedalam sayur tumbuk.

Cara 
Ambil daun singkong, cabe, bawang merah, honje/kincung, tekokak masukkan dalam alu [semacam uleg-an], di uleg kasar, keluarkan dan lakukan beberapa kali.
Masukkan santan, garam, lengkuas dan sereh dan ikan sale hingga mendidih lalu masukkan daun singkong lalu tutup, aduk sesekali dan cicipi rasannya. Bila sudah hampir matang masukkan sebuah asam kandis. Sebenarnya asam kandis ini optional, kalau tidak ada gak jadi masalah.

Makan selagi hangat *lap peluh di jidat :-)
 
**Candulicious - a food traveller


Tidak ada komentar: